Label:

Video Tutorial - Mengenal Adobe After Effect

Adobe After Effect adalah program video editing yang berfungsi untuk mengolah dan menambahkan efek-efek khusus dalam pembuatan video. Adobe after effect merupakan program video editing yang memberikan berbagai jenis effek yang mengagumkan. Banyak film-film besar di holliwood diciptakan dari program ini.

Pertama kali saya menggunakan program ini, penulis juga masih bingung. Apa yang harus kita lakukan pertama kali, bagaimana kita memulainya, bagaimana memasukkan video dan suara, dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lainnya. Akhirnya dengan sedikit kesabaran dan ketekunan, penulis pun akhirnya mulai menguasai sedikit demi sedikit penggunaan program ini, dan alhasil langsung kubagikan tutorialnya di Multimedia Solution ini.

Ok. berikut ini cara membuat lembaran baru (new project) di adobe after effect. Ini adalah tampilan pertama kali saat kita membuka adobe after effect..



Penjelasan:
  • Menu Utama
Tempat kumpulan menu – menu untuk mengakses fitur – fitur yang ada di after effect terdiri dari File, Edit, Composition, Layer, Effect, Animation, dll.

  • Toolbar 
Tempat alat – alat untuk mengedit video nantinya seperti Zoom, Teks, Shape, Clone, dll.

  • Library dan Effect View 
Tempat file source dan juga tampilan efeck yang akan dimunculkan di video. Ini adalah tempat semua import Komposisi, Video, Audio, Graphics, dll.

  • Pallete 
Ada beberapa seperti Time, Audio, Effect, dll. Ini panel yang besar namun tidak sepenuhnya diperlukan untuk penggunaan dasar.

  • Komposisi 
Menampilkan isi frame untuk komposisi yang dipilih.

  • Detail Effect dan Layer
Pallete ini digunakan untuk navigasi dalam mengedit video serta memberikan sentuhan permainan LAYER MODE, BLEND MODE, maupun MASKING untuk menggabungkan 2 gambar atau lebih sehingga terlihat menjadi 1 tampilan animasi.

  • Timeline 
fungsinya menampilkan durasi dan panjang video serta tampilan layer dan keyframe.


Fungsi - Fungsi Tool pada Toolbar : (klik pada gambar)

Untuk membuat project baru berikut tutorialnya. Klik Composition >> New Compotion


Maka tampilannya akan muncul seperti ini



Penjelasan Setting Composition 

  1. Composition Name : berinama pada compotion.
  2. Atur dimensi dan ukuran video yang deperlukan [ini bisa diubah nanti jika diperlukan] 
  3. Atur Pixel Aspect Ratio. Sesuaikan dengan komputer anda. atau gunakan default aja.
  4. Mengatur frame rate AE untuk menyesuaikan frame rate dalam video
  5. Atur durasi yang diinginkan. Jam;Menit;Detik;
  6. Klik Ok.


Selanjutnya untuk pengguna pertama kali, sebaiknya belajar dulu dengan membuat lirik lagu. Nanti tahap demi tahap anda akan mulai menguasai software ini.

Demikian tutorial saya kali ini. Silahkan berkomentar.

Tentang Penulis :
AHMAD SAHIDIN, Seorang anak muda asal Kaledupa yang sangat menyukai dunia Blogging. Berprofesi sebagai Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika.
My facebook

0 komentar:

Post a Comment